Cek tagihan listrik pln

Pipa Air Bersih

Pipa untuk air bersih ada bermacam macam jenisnya juga ukurannya, dari kesemuanya ada 3 jenis pipa air bersih yang pada umumnya kita kenal.
Mungkin jenis pipa besi adalah yang pertama dikenal mulai sejak jaman pendudukan belanda.
Untuk Pipa Rumah Tangga jaman sekarang ini biasa memakai PVC secara umum tapi sekarang sudah banyak Perumahan Rakyat memakai Pipa HDPE yang sudah di kenal akan berbagai keunggulan dan manfaat bagi kesehatan tubuh karena Sifat dari Pipa HDPE.

Jenis Pipa Air Bersih

1. Jenis Pipa PVC

Ada beberapa Jenis Pipa Air Bersih dari Pipa ini diantaranya Type C, D juga AW. Type dari Pipa ini di bedakan menurut ketebalan jadi dari Type C ( type Tertipis ) sampai AW ( Type paling tebal ).
Sedangkan Pipa untuk PDAM biasa memakai Type AW tetapi sekarang sudah beralih ke Pipa HDPE yang ketahanannya lebih di bandingkan PVC. Untuk PVC
sendiri terkadang terkena panas dan dingin secara terus menerus akan menyebabkan Korosi dan mudah patah, maka biasanya di tanam instalasinya agar lebih awet juga agar bisa tahan lama dalam jangka waktu pemakaiannya tetapi kalau untuk Jenis Pipa Air Bersih ini untuk Sanitasi Air Bersih masih kurang bagus di sebabkan pemakaian yang dalam jangka waktu yang relative lama bisa menyebabkan Sedimen dari Korosi Pipa menumpuk dan bercampur dengan Air yang otomatis untuk
Kesehatan masih Kurang Bagus. Pipa PVC sampai saat ini masih di pakai Masyarakat karena harganya yang murah dan juga di Depo depo Bangunan masih menjadi Primadona di sebabkan untuk Produksi dan
Harga Pipa masih bisa terjangkau bagi masyarakat luas untuk Jenis Pipa Air Bersih.

2. Jenis Pipa Besi

Nah… jenis pipa air bersih ini masih dipakai mulai jaman belanda sampai sekarang. Di pakai maksudnya sebagian dari sisa jaman belanda masih ada yang belum di ganti oleh pihak PDAM karena masih tertanam di tanah yang ke depan
akan di ganti dengan Pipa HDPE oleh pihak PDAM.
Tetapi untuk mengganti butuh usaha dan biaya yang cukup besar sebagai konsekuensinya. Sama seperti Pipa PVC bahwa sudah di ketahui oleh umum kalau
Pipa Besi ini pastilah mudah terkena korosi karena suhu dan cuaca sehari hari. Tetapi sama juga PVC pipa besi korosinya agak lama dalam suhu tertentu.
Untuk itu pihak Pipa Air Minum PAM ( Perusahaan Air Minum – pada jaman dulu ) menanamnya agar suhu dari pipa bisa dingin dan agak lama jangka pemakaiannya.

3. Jenis Pipa HDPE

Pipa HDPE Sangatlah Beragam Manfaatnya juga Jenisnya dari jenis pipa air bersih ini. Pipa ini sendiri juga termasuk perpipaan air bersih yang sangat bagus.
Pipa PDAM sendiri sekarang sudah memakainya dan di jadikan sebagai standart perpipaan karena Air yang
mengalir melalui Pipa ini bisa langsung di minum.
Pemakaian HDPE sudah sangat meluas karena saat ini pipa HDPE sudah merupakan pipa standard air minum di
Departemen PU. Hampir seluruh proyek air bersih yang didanai oleh pemerintah RI menggunakan pipa HDPE Jenis Pipa Air Bersih.
Pipa HDPE adalah pipa plastik bertekanan yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas.


Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Oleh karenanya harga material PE dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak bumi.
Menurut WIKI;
Polietilena (disingkat PE) ( IUPAC : Polietena) adalah termoplastik yang digunakan secara luas oleh konsumen produk sebagai kantong plastik . Sekitar 80
juta metrik ton plastik ini diproduksi setiap tahunnya.
Polietilena adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monomer etilena (IUPAC: etena ). Di industri polimer, polietilena ditulis dengan singkatan PE, perlakuan yang sama yang dilakukan oleh Polistirena
( PS ) dan Polipropilena ( PP).
Molekul etena C2 H 4 adalah CH 2 =CH 2 . Dua grup CH2 bersatu dengan ikatan ganda. Polietilena dibentuk melalui proses polimerisasi dari etena.
Polietilena bisa diproduksi melalu proses polimerisasi radikal, polimerisasi adisi anionik , polimerisasi ion koordinasi , atau polimerisasi adisi kationik. Setiap metode menghasilkan tipe polietilena yang berbeda.
Sedangkan yang dimaksud dengan HIGH DENSITY PE adalah:
Polietilena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi . Membutuhkan 1,75 kg minyak bumi (sebagai energi dan bahan baku) untuk membuat 1 kg HDPE. HDPE dapat didaur ulang , dan memiliki nomor 2 pada simbol daur ulang .
Pada tahun 2007, volume produksi HDPE mencapai 30 ton.
HDPE memiliki percabangan yang sangat sedikit, hal ini dikarenakan pemilihan jenis katalis dalam produksinya ( katalis Ziegler-Natta ) dan kondisi reaksi. Karena percabangan yang sedikit, HDPE memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang tinggi. HDPE juga lebih keras dan bisa bertahan pada temperatur tinggi (120 o C).
HDPE sangat tahan terhadap bahan kimia sehingga memiliki aplikasi yang luas, diantaranya:
- Kemasan deterjen
- Kemasan susu
- Tanki bahan bakar
- Kayu plastik
- Meja lipat
- Kursi lipat
- Kantong plastik
- Wadah pengangkut beberapa jenis
bahan kimia
- Sistem perpipaan transfer panas bumi
- Sistem perpipaan gas alam
- Pipa air
- Pembungkus kabel
- Papan luncur salju

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pipa Air Bersih"

Post a Comment